10 Besar Klub di Liga Top Eropa yang Banyak Menggunakan Pemain Asing

12 Oktober 2021, 21:30 WIB
Penulis: Irfan Sudrajat
Editor: Irfan Sudrajat
Gabriel Jesus saat mencetak gol untuk Manchester City ke gawang Chelsea pada laga Liga Inggris.
Gabriel Jesus saat mencetak gol untuk Manchester City ke gawang Chelsea pada laga Liga Inggris. /(Twitter/@premierleague)

  • Dari 5 liga top Eropa, ada 10 klub yang paling banyak menggunakan pemain asing.
  • Kehadiran mereka menguntungkan dari aspek pencapaian prestasi namun mengancam kesempatan pemain lokal.
  • Berikut ini adalah 10 klub teratas yang paling banyak menggunakan pemain asing.

SKOR.id - Pemain asing masih sangat kuat pengaruhnya di liga-liga besar di Eropa. Udinese, klub Italia ternyata palig banyak menggunakna pemain asing.

Di Liga Inggris, sukses Manchester City meraih gelar kompetisi domestik karena peran dari sejumlah bintang asing mereka.

Sukses Chelsea meraih gelar Liga Champions musim lalu juga tidak terlepas dari keberadaan deretan pemain asing.

Kehadiran mereka memberikan persoalan yang dilematis bagi beberapa klub. Sukses meraih gelar diraih dengan mengorbankan kesempatan bermain bagi para pemain lokal.

Marcus Rashford contohnya. Terlepas dari kondisinya yang sempat mengalami cedera, kehadiran pemain asing, termasuk Cristiano Ronaldo membuat dirinya mulai jarang mendapatkan tempat dalam starter.

Meski demikian, biasanya, klub-klub besar mampu memunculkan pemain lokal menjadi bintang di negeri sendiri. Di Chelsea contohnya, ada Reece James yang diakui sebagai salah satu pemain muda potensial.

Di Liga Italia, klub seperti Udinese justru menjadi tim yang paling banyak menggunakan (menurunkan) pemain asing ketimbang pemain lokal.

Berikut ini adalah 10 klub di 5 top liga negara Eropa yang paling banyak menggunakan jasa pemain asing mereka pada musim ini:

1. Udinese (Liga Italia) - 88 Persen

Jika melihat skuad Udinese pada 2021-2022 ini, akan terlihat bahwa nyaris tidak ada pemain asal italia di tim asuhan Luca Gotti ini. Udinese menggunakan 88 persen pemain dari luar Italia.

Dari 24 pemain yang telah diturunkan, hanya ada tiga pemain lokal (asal Italia). Mereka adalah dua penjaga gawang yaitu Marco Silvestri dan Daniele Padelli.

Pemain Udinese ketika menjaga pergerakan bintang Juventus, Paulo Dybala,  di Liga Italia.
Pemain Udinese ketika menjaga pergerakan bintang Juventus, Paulo Dybala, di Liga Italia. (Twitter.com/juventusfc)

Sedangkan satu pemain lainnya adalah bek yaitu Destiny Udogie. Pemain yang paling banyak tampil pada musim ini adalah Samir (Brasil), Nahuel Molina (Argentina), Roberto Pereyra (Argentina), Gerard Deulofeu (Spanyol), Jens Stryger Larsen (Denmark), dan Bram Nuytinck (Belanda).

Mereka masing-masing total tampil dalam delapan pertandingan di semua ajang.

2. Chelsea (Liga Inggris) - 86,8 Persen

Chelsea memang tidak asing lagi, punya ciri dengan pemain-pemain bintang dari luar. Saat ini, dalam skuad utama asuhan Thomas Tuchel, ada sekitar 14 pemain asing yang aktif di klub asal London ini.

Hanya ada tujuh pemain asal Inggris di tim utama. Mereka adalah Ruben Loftus Cheek yang bahkan baru tampil satu kali musim ini.

Lalu ada bek Trevoh Chalobah yang tampil empat kali, tiga di antaranya di Liga Inggris.

Mason Mount bermain dalam tujuh pertandingan, Callum Hudson-Odoi tampil dalam tiga laga di semua ajang, sedangkan Ben Chilwell main dua kali dan Reece James tampil dalam lima laga.

Dengan kembalinya Romelu Lukaku (Belgia), total Chelsea memiliki 17 pemain asing.

3. Atalanta (Liga Italia) - 86,3 Persen

Atalanta adalah klub Liga Italia kedua yang paling banyak menggunakan pemain asing pada 2021-2022 ini.

Juan Musso, kiper asal Argentina yang bergabung di awal musim ini total telah memainkan delapan pertandingan di semua ajang, enam di antaranya di Liga italia dan dua di Liga Champions.

Pemain Atalanta, Ruslan Malinovskyi (atas), menjadi salah satu pemain Liga Italia yang sering dilanggar pada musim ini.
Pemain Atalanta, Ruslan Malinovskyi (atas), menjadi salah satu pemain Liga Italia yang sering dilanggar pada musim ini. (Twitter/Copa90)

Setelah itu ada Joakim Maehle (Denmark), Robin Gosen (Jerman), Josip Ilicic, masing-masing tampil dalam delapan pertandingan.

Berat Djimsiti (Albania), Ruslan Malinovskyi (Ukraina), dan Mario Pasalic (Kroasia) yang paling btanyak bermain, masing-masing telah bermain dalam 9 laga.

4. Torino (Liga Italia) - 83,7 Persen

Tim asuhan Ivan Juric menggunakan sekitar 83,7 persen kekuatan mereka dengan pemain asing. Hanya delapan pemain lokal (Italia) yang mereka miliki.

Selebihnya yaitu 18 pemain merupakan pemain asing. Vanja Milinkovic-Savic salah satunya, kiper yang paling sering diturunkan, delapan kali.

Lalu ada Wilfried Singo (Pantai Gading), Sasa Lukic (Serbia), Karol Linetty (Polandia), adalah pemain yang palig sering tampil untuk Torino musim ini.

5. Lille (Liga Prancis) - 81,9 Persen

Tim asuhan Jocelyn Gouvernnec hanya memiliki enam pemain asal Prancis, di antaranya adalah Jonathan Bamba dan Jonathan Ikone.

Kekuatan pemain asing salah satu kunci sukses Lille mengakhiri dominasi Paris Saint-Germain dalam meraih gelar Liga Prancis.

Musim lalu, Lille tampil sebagai juara Liga Prancis di antaranya dengan sosok penyerang berpengalaman yaitu BNurak Yilmaz.

Bintang asal Turki tersebut total telah mencetak 16 gol di Liga Prancis musim lalu (2020-2021) atau total 18 gol di semua ajang.

6. Wolverhampton Wanderers (Liga Inggris) - 81,8 Persen

Wolverhampton Wanderers dihuni banyak pemain asal Portugal. Total ada 10 pemain asal Portugal di kluyb ini seperti Joao Moutinho, Pedro Neto, Ruben Neves, hingga kiper Jose Sa.

Atau pemain Korea Selatan yang belakangan menyita perhatian seperti Hwan Hee-chan.

Pemain Wolverhampton Wanderers, Hwang Hee-chan, saat mencetak gol ke gawang Watford pada pekan keempat Liga Inggris.
Pemain Wolverhampton Wanderers, Hwang Hee-chan, saat mencetak gol ke gawang Watford pada pekan keempat Liga Inggris. Twitter Wolves

Wolverhampton Wanderers sepanjang musim ini menggunakan 81,8 persen pemain asing. Hanya ada enam pemain asal Inggris di klub ini seperti Conor Coady dan Max Kilman.

7. RB Leipzig (Liga Jerman) - 79,1 Persen

RB Leipzig yang kini di bawah asuhan Jesse Marsch adalah klub Liga Jerman yang paling banyak menggunakan pemain asing, sekitar 79,1 persen.

Di bawah Leipzig ada Eintracht Frankfurt yang menggunakan pemain asing mencapai 72,4 persen, lalu Bayer Leverkusen 71,1 persen, Borussia Dortmund 68 persen, dan Wolfsburg mencapai 64,9 persen.

8. Manchester City (Liga Inggris) - 78 Persen

Manchester City ada di posisi kedelapan dari klub-klub Eropa yang menggunakan jasa pemain asing. Pasukan Josep Guardiola hanya menggunakan lima pemain asal Inggris, bahkan di antara mereka jarang diturunkan.

Pemain Manchester City, Bernardo Silva (tengah) melewati kawalan pemain Liverpool, pada pertandingan Liga Inggris, Minggu (3/10/2021) malam WIB.
Pemain Manchester City, Bernardo Silva (tengah) melewati kawalan pemain Liverpool, pada pertandingan Liga Inggris, Minggu (3/10/2021) malam WIB. twitter.com/premierleague

Kiper Ederson (Brasil), Joao Cancelo (Portugal), Gabriel Jesus (Brasil), dan Ruben Dias (Portugal), dia antara pemain asing yang paling sering diturunkan masing-masing tujuh kali.

9. Atletico Madrid (Liga Spanyol) - 77,8 Persen

Di Liga Spanyol, ada Atletico Madrid yang paling sering menggunakan pemain asing. Jan Oblak (Slovenia), Renan Lodi (Brasil), dan Luis Suarez (Portugal) serta Angel Correa (Argentina) merupakan pemain asing yang sering diturunkan.

Winger Atletico Madrid, Angel Correa (kiri) merayakan golnya ke gawang Elche dalam laga pekan kedua Liga Spanyol, Minggu (22/8/2021).
Winger Atletico Madrid, Angel Correa (kiri) merayakan golnya ke gawang Elche dalam laga pekan kedua Liga Spanyol, Minggu (22/8/2021). (La LIga/Twitter)

Bahkan, dari skuad di tim utama yang mereka miliki, hanya ada tiga pemain asal Spanyol yaitu Mario Hermoso, Koke, dan Marcos Llorente.

10. Watford (Liga Inggris) - 76,8 Persen

Watford saat ini di bawah asuhan pelatih baru, Claudio Ranieri. Klub Liga Inggris ini menggunakan sekitar 76,8 persen pemain asing.

Penyerang asal Nigeria, Emmanuel Dennis salah satu pemain asing yang sering diturunkan Watford sepanjang 2021-2022 ini.

Sedangkan untuk pemain lokal asal Inggris, mereka memiliki enam pemain di antaranya adalah Tom Cleverley yang tampil dalam enam pertandingan di semua ajang.

Berita Bola Internasional Lainnya

5 Taktik Unik Pelatih Elite Eropa 10 Tahun Terakhir: dari Tuchel, Sarri, hingga Conte

Rapor Pemain J.League di Timnas Jepang saat Menang Lawan Australia

  • Sumber: Sky Sports
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bola Internasional

    Selasa, 12 Oktober 2021

    12 Laga Final yang Sukses Dimenangi Raphael Varane di Real Madrid dan Timnas Prancis

    Raphael Varane tercatat berhasil memenangi 12 dari 13 laga final yang ia jalani, baik bersama Real Madrid maupun timnas Prancis.

    Liga Spanyol

    Selasa, 12 Oktober 2021

    10 Pemain Spanyol dengan Nilai Pasar Tertinggi, Wonderkid Barcelona Teratas

    Berikut ini merupakan 10 pemain Spanyol dengan nilai pasar tertinggi. Nilai tertinggi dimiliki gelandang Barcelona, Pedri.

    Bola Internasional

    Selasa, 12 Oktober 2021

    5 Pemain Berlabel Bintang yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose Mourinho

    Berikut adalah lima pemain bintang yang pernah berada di bawah asuhan Pep Guardiola dan Jose Mourinho.

    Terbaru

    Liga Italia

    Senin, 25 Oktober 2021

    Pemain yang Cetak Assist, Gol, dan Bunuh Diri dalam Satu Pertandingan

    Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain kelima sejak musim 2004-2005 yang membuat 'hat-trick' tak biasa ini.

    Liga Italia

    Senin, 25 Oktober 2021

    Hasil dan Klasemen Liga Italia: Napoli Akhiri Rentetan Kemenangan, Inter Milan dan Juventus Seimbang

    Berikut ini adalah hasil dan klasemen Liga Italia 2021-2022 hingga pekan kesembilan.

    Liga Italia

    Senin, 25 Oktober 2021

    Liga Italia 2021-2022: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

    Kick-off Liga Italia telah dimulai sejak Sabtu (21/8/2021) WIB. Simak jadwal, hasil, klasemen, dan profil timnya di sini!

    Liga Italia

    Senin, 25 Oktober 2021

    Hasil Inter Milan vs Juventus: Penalti Paulo Dybala Selamatkan Si Nyonya Tua dari Kekalahan

    Inter Milan dan Juventus harus berbagi angka pada lanjutan Liga Italia 2021-2022.

    Liga Italia

    Senin, 25 Oktober 2021

    LIVE Update Inter Milan vs Juventus di Liga Italia

    Berikut ini adalah LIVE Update laga Inter Milan kontra Juventus di Liga Italia 2021-2022.

    Liga Italia

    Senin, 25 Oktober 2021

    Link Live Streaming Inter Milan vs Juventus di Liga Italia

    Berikut link live streaming Inter Milan vs Juventus di Stadion Giuseppe Meazza, Senin dini hari nanti.

    Liga Italia

    Minggu, 24 Oktober 2021

    10 Pencetak Gol Tak Terduga dalam Derby D'Italia

    Berikut ini merupakan 10 pencetak gol tak terduga di laga Derby D'Italia.

    Liga Italia

    Minggu, 24 Oktober 2021

    5 Bek Legendaris Juventus, Termasuk Giorgio Chiellini

    Berikut ini merupakan lima bek legendaris yang pernah dimiliki Juventus.

    Liga Italia

    Minggu, 24 Oktober 2021

    Prediksi Inter Milan vs Juventus: Pertahanan Nyonya Tua Diuji Serangan Si Ular Besar

    Dua klub raksasa Italia, Inter Milan vs Juventus akan bentrok dalam laga bertajuk Derby d'Italia pada Minggu (24/10/2021) atau Senin dini hari WIB.

    Liga Italia

    Minggu, 24 Oktober 2021

    Hasil dan Klasemen Liga Italia: AC Milan Menang Dramatis, Puncak Klasemen Diambil Alih

    Berikut ini adalah hasil dan klasemen pekan kesembilan Liga Italia 2021-2022 yang digelar pada Sabtu (23/10/2021).

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X